Do You Suffer From TMJ Pain?

TMJ (temporomandibular joint) adalah sendi yang melekat pada tulang tengkorak (cranium), sendi ini mempunyai fungsi untuk mengunyah, menguap, berbicara, dll. Apabila mengalami rasa sakit atau nyeri pada sendiri ini, bisa jadi anda mengalami gangguan pada sendi rahang (TMJ).

TMJ adalah salah satu sendi yang paling kompleks yang ada pada tubuh manusia, karena merupakan gabungan kedua gerak yaitu translasi dan rotasi dalam satu sendi. Gangguan pada sendi rahang dapat disebabkan oleh:

  1. Dislokasi disk
  2. Kerusakan pada tulang rawan oleh arthritis
  3. Kerusakan sendi oleh karena benturan
  4. Kelelahan dari otot pada sendi


Pada banyak kasus gangguan sendi rahang tidak dapat didiagnosis berdasarkan gejala yang jelas. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko gangguan TMJ, antara lain:

  1. Rahang sering berbunyi klik (clicking) atau gemeretak
  2. Grinding gigi atau kerot (bruxism)
  3. Rheumatoid arthritis
  4. Fibromyalgia
  5. Benturan pada wajah atau rahang
  6. Deformitas kongenital pada tulang wajah


Gejala-gejala yang mungkin terjadi pada gangguan sendi rahang, antara lain:

  1. Sakit atau nyeri rahang
  2. Sakit nyeri di dalam dan sekitar telinga
  3. Kesulitan atau ketidaknyamanan saat mengunyah
  4. Sakit atau nyeri di wajah
  5. Kesulitan menggerakkan rahang
  6. Sakit kepala
  7. Ketidaknyamanan saat menggigit
  8. Gigitan yang tidak merata karena ada kontak prematur pada satu atau lebih gigi


Apabila mengalami gejala di atas, ini adalah kelainan pada sendi rahang, segera konsultasikan kondisi tersebut ke dokter gigi spesialis. Beberapa gangguan TMJ dapat menghilang dengan sendirinya atau tidak memerlukan perawatan, namun pada kondisi yang lebih parah dan lebih sering menimbulkan gejala dapat dilakukan perawatan. Salah satu terapi untuk meringankan nyeri pada sendi tersebut bisa menggunakan terapi laser oleh dokter gigi spesialis O-smile Laser Dental.



Other

news

Merawat Kesehatan Gigi Anak

Gigi susu pada anak-anak akan tanggal dengan sendirinya dan akan digantikan dengan gigi tetap. Hal ini dikarenakan gigi susu merupakan panduan dan pembuka jalan bagi tumbuhnya gigi tetap. Beberapa orang tua beranggapan bahwa gigi susu…

news

THE 1 st NASIONAL MEETING OSMILE LASER DENTAL CENTRE

O-Smile Laser Dental Centre (OLDC) Yang berdiri sejak Januari 2006 kini telah mempunyai beberapa cabang dikota-kota besar di Indonesia yaitu di Bekasi, Jogja, Semarang dan Bandung. Pada 10 April 2011 yang lalu, O-Smile Laser Dental…